Pengaruh Model Pembelajaran Time Token (TT) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Freeri Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyono Supriyono

Abstract

Abstrak

Rendahnya kecakapan siswa ketika bertanya dan berdiskusi saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung membuat hasil belajar menurun. Guru yang kurang kreatif dalam mengolah materi pembelajaran membuat siswa tidak bersemangat dan malas untuk menerima materi pembelajaran. Guru yang cenderung pilih kasih dengan siswa yang aktif saja menjadikan siswa yang kurang aktif enggan berpendapat dan memilih untuk mendengarkan pendapat siswa yang aktif tanpa berkomentar. Siswa yang kurang aktif  berbicara saat diskusi berlangsung tidak dihiraukan oleh guru. Guru hanya menganggap pendapat siswa yang aktif selalu benar. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan keterampilan berbicara siswa yang kurang aktif melalui model pembelajaran Time Token pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Jatikalang I. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus penelitian. Penelitian menekankan pada nilai keterampilan berbicara dan keterlaksanaan belajar siswa saat berbicara dalam menyampaikan gagasan sebelum dilaksanakan penelitian dan sesudah dilaksanakan penelitian. Sampel penelitian mencakup siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), melakukan wawancara dengan narasumber, dan pengumpulan bukti gambar (dokumentasi). Pada tahap pra siklus nilai keterampilan berbicara masih dibawah rata-rata sebesar 50,06 (cukup baik). Tahap siklus I nilai keterampilan berbicara naik menjadi 79,64 (baik). Tahap siklus II mengalami kemajuan yang signifikan sebesar 94,34 (sangat baik). Adapun nilai keterlaksanaan belajar siswa tahap pra siklus sebesar 2,75 (kurang baik). Nilai keterlaksanaan belajar siklus I sebesar 3,75 (cukup baik). Nilai keterlaksanaan belajar siklus II mendekati sempurna yaitu 4,75 (baik). Kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Time Token sangat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Jatikalang I.

Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia, Time Token.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 295 , PDF Downloads: 184