PENGEMBANGAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan bentuk pengembangan cerpen atau cerita pendek dengan menggunakan aplikasi inshot pada materi proses perumusan pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan maksud sebagai mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi era digital, khususnya pada materi proses perumusan pancasila bagi peserta didik tingkat sekolah dasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa video berbentuk .mp4 yang dapat digunakan untuk media pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan menerapkan lima langkah pengembangan. Dari hasil validasi yang sudah dilakukan, memperoleh nilai sebesar 88% dari ahli materi dan 81% dari ahli media. Dari hasil validasi tersebut maka dapat dikategorikan bahwa pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot ini layak untuk diterapkan di sekolah dasar. Hasil uji coba dilakukan di kelas IV SDN Keputran I Surabaya dan mendapatkan presentase 97% dari hasil angket peserta didik dan 91% dari hasil kuisioner guru. Penelitian pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot materi proses perumusan pancasila dapat menarik perhatian dari peserta didik berdasarkan hasil data pengerjaan soal evaluasi yang mendapatkan nilai rata-rata kelas 89 dari jumlah peserta didik dalam satu kelas sebanyak 33 anak. Berdasarkan data tersebut maka pengembangan cerpen dengan menggunakan aplikasi inshot dikatakan praktis dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Serta mampu membantu guru untuk lebih mudah menjelaskan materi sejarah perumusan pancasila pada era digital.
Kata kunci: Cerpen, aplikasi Inshot, perumusan Pancasila