PENGEMBANGAN MISTERY BOX DALAM PEMBELAJARAN PPKN MATERI SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran terasa membosankan apabila hanya terfokus dengan media yang kurang variatif. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan mewujudkan suatu produk akhir berupa mistery box yang akan membantu menunjang keberhasilan pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan dari media mistery box untuk materi sejarah perumusan Pancasila pada siswa kelas V Sekolah Dasar melalui uji validitas. Tahapan pada penelitian ini disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain atau perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang terdiri atas lembar validasi dan lembar angket respon. Hasil penelitian pengembangan media berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdapat pada proses, saran, dan masukan dari validator. Sedangkan data kuantitatif terdapat pada hasil pengolahan dan perhitungan data melalui lembar validasi oleh ahli dan lembar angket oleh siswa. Hasil validasi media diperoleh nilai sebesar 88.57% dari ahli media dan 93.84% dari ahli materi yang artinya media pembelajaran termasuk dalam kategori valid dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran, serta hasil dari angket yang diberikan kepada siswa diperoleh nilai sebesar 91.78% yang artinya media termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan data tersebut, maka pengembangan media mistery box untuk materi sejarah perumusan Pancasila dapat dikatakan praktis dan sangat layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci : mistery box, sejarah perumusan Pancasila, sekolah dasar