ANALISIS KEMAMPUAN MERANGKUM SISWA KELAS 5 MELALUI LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Saat ini dunia telah memasuki revolusi industri 4.0 yang diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan berdampak ke berbagai bidang salah satunya pada aspek bidang pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi dari aspek pendidikan ialah dibentuknya gerakan literasi digital. Literasi sendiri merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Keterampilan literasi utama yang harus dimiliki siswa yaitu membaca, mendengarkan, dan juga menulis karena ketiga hal ini saling berhubungan satu sama lain. Melihat perkembangan seperti ini, dilakukanlah penelitian terhadap siswa kelas V yang terdiri dari V-A dan V-B SDN 018452, Karang Anyer dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis rangkuman dengan google sebagai sumber bacaannya. Metode penelitian yang dipakai ialah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi dengan aspek yang dinilai adalah isi rangkuman, penggunaan bahasa dalam merangkum, kerapian dalam menulis dan keaslian ide rangkuman. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan terdapat 1 siswa yang kemampuan merangkumnya masih kurang, 44 siswa kemampuan merangkumnya masuk dalam kategori cukup, dan 12 siswa kemampuan merangkumnya masuk dalam kategori baik. Aspek yang mampu dikuasai oleh siswa yaitu aspek tentang isi rangkuman dan aspek yang siswa belum mampu kuasai adalah tentang keaslian ide rangkuman. Sehingga disimpulkan banyak siswa yang sudah menyesuaikan diri dengan melakukan literasi digital yang kemudian dikolaborasikan dengan kemampuan menulis mereka.
Kata kunci : literasi digital, kemampuan merangkum