Pengembangan Media Interaktif “BUTIM” Materi Budaya Jawa Timur Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter Kelas V Sd

  • Anisa Fitri Lailatul Munawaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media belajar yang hanya mengacu pada buku siswa sehingga tingkat inovasi perkembangan media belajar oleh tenaga pendidik masih rendah. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa rendah yang berdampak pada kurangnya pemahaman terkait nilai - nilai pendidikan karakter dalam penyampaian materi pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan media interaktif BUTIM untuk memperkuat pendidikan karakter melalui materi keberagaman budaya Jawa Timur pada mata pelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan suatu produk yaitu media interaktif BUTIM, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media interaktif BUTIM untuk memperkuat pendidikan karakter melalui materi keberagaman budaya Jawa Timur mata pelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil validasi media dan materi serta angket respon siswa. Dari penelitian ini, diperoleh hasil uji validasi media dengan persentase sebesar 88,64% yang termasuk dalam kategori sangat layak, kemudian hasil uji validasi materi dengan persentase 91,66% yang termasuk dalam kategori layak serta hasil angket respon siswa memperoleh persentase 89,77% dengan kategori sangat layak. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan media interaktif BUTIM materi budaya Jawa Timur layak diterapkan di Sekolah Dasar.  

Kata Kunci: Pengembangan, PPKn, Media Interaktif, Budaya Jawa Timur

Published
2022-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 86