Pengembangan E-Book “TRISIPAKA” Berdasarkan Kearifan Lokal Bugis Untuk Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar

  • Isfa Awaliah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Pengembangan Media E-Book TRISIPAKA ialah inovasi yang dikembangkan  peneliti menjadi reaktualisasi pembelajaran dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan mengintegrasikan penguatan karakter dengan kearifan lokal Bugis-makassar terutama di kalangan siswa sekolah dasar. Penamaan media ini adalah presepsi peneliti sendiri. Kata “E-Book” merupakan buku berbentuk elektronik Selanjutnya Kata “Tri” artinya tiga sedangkan “sipaka” terinsipirasi dari 3 pilar karakter yang dianut masyarakat bugis-makassar yaitu (sipakatau, sipakainge’,sipakalebbi). yang kemudian disingkat menjadi “TRISIPAKA”. Pengembangan ini, bertujuan menghasilkan produk E-Book “TRISIPAKA”, mengatahui tingkat kevalidan, tingkat kelayakan dan tingkat efektivitas. Penelitian ini memakai jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) Dengan memakai Model ADDIE melalui 5  proses pengembangan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, serta Evaluasi. Uji coba produk dilakukan dengan siswa berjumlah  15 orang di UPT SD Negeri 4 Rumbia. Sesuai hasil penelitian yang sudah dilakukan, Penelitian kevalidan produk uji validasi materi memperoleh 96,9% serta uji validasi media 86,7%. Taraf kepraktisan media mampu diperoleh melalui angket respon siswa sebanyak 100%. Selanjutnya  Taraf keefektifan media diperoleh persentase ketuntasan belajar sebanyak 93% serta rata-rata N-Gain 1,00. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media E-Book TRISIPAKA dapat berperan penting untuk penguatan karakter bermuatan 3 pilar kearifan lokal bugis-makassar, disamping memenuhi kebutuhan guru dan  siswa, sehingga layak dipergunakan pada proses pembelajaran.

Published
2022-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 94