Pengembangan Media Jumantik Pada Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Kelas IV UPT SDN 25 Gresik

  • Nur Saidatur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • mulyani mulyani

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dari rancangan pelaksanaan pembelajaran tematik, yaitu media dan bahan pembelajaran. Media yang digunakan pada penelitian ini berupa papan permainan Juamanji yang dikembangkan menjadi Media Papan Permainan Jumantik (Jumanji Tematik). Media hasil pengembangan ini perlu divalidasi dan diuji keefektifannya. Pengujian pengembangan media Jumantik dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media visual papan permainan Jumantik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di lapangan secara langsung, sehingga media dapat diuji cobakan kepada subjek uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Jumantik mendapat presentase kevalidan media sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan kevalidan materi mendaptkan presentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Keefektifan media papan permainan Jumantik memperoleh nilai presentase angket respon peserta didik sebesar 90% dan nilai presentase angket guru sebesar 94% dan 92%. Hasil pre-test dan post-test peserta didik dengan nilai rata-rata 90 dan memperoleh nilai presentase 96%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media papan permaianan Jumantik dalam Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan.

Kata Kunci: Media, Jumantik, Tema

Published
2022-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 69