Pengembangan Media Game Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis Hewan pada Siswa Kelas IV SD/MI

  • Faricha Putri Alif Via Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media game edukatif berbasis-android materi metamorfosis hewan untuk siswa kelas IV SD, dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan,  keefektivan dari produk atau media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu R&D atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini yaitu 16 siswa kelas IV SDN Mojo VI Surabaya. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, angket guru, angket siswa, prestest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan media pembelajaran. Kevalidan media game edukatif dilihat berdasarkan hasil penilaian validasi materi oleh ahli yang memperoleh persentase 86,15% dengan kategori“sangat valid,”dan hasil penilaian validasi media oleh ahli yang memperoleh persentase 86,15 dengan kategori“sangat valid. Kepraktisan media-game edukatif dilihat berdasarkan hasil penilaian angket guru yang memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori“sangat praktis”dan hasil penilaian angket siswa 93,75% sangat praktis. Hasil keefektifan media–game edukatif diperoleh berdasarkan hasil pretestposttest siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai angka 0,5 kategori“sedang”dan persentase ketuntasan belajar 81,2% dengan kategori“sangat baik,” sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukatif berbasis android materi metamorfosis hewan ini dianggap layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa kelas IV SD memahami materi metamorfosis hewan.

Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukatif, Metamorfosis Hewan

Published
2022-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 343
PDF Downloads: 508