EKSPLORASI CANDI DERMO SIDOARJO SEBAGAI PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Etnomatematika merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara matematika dan kebudayaan masyarakat. Candi Dermo yang menjadi salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit di Sidoarjo juga dapat ditemukan etnomatematika di dalamnya. Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep geometri pada Candi Dermo untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melalui empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan kemudian tahap analisis data. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah pengelola Candi Dermo dan tiga guru sekolah dasar dari tiga sekolah dasar di Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada Candi Dermo yang berupa bangun datar dan bangun ruang. Bangun datar yang terdapat pada Candi Dermo meliputi persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, belah ketupat, lingkaran serta jajar genjang. Sedangkan bangun ruang pada Candi Dermo meliputi, balok, limas segiempat, tabung serta prisma segitiga. Bangun datar yang tidak ditemukan pada Candi Dermo adalah layang-layang, sementara itu bangun ruang yang tidak terdapat pada Candi Dermo adalah kubus, kerucut dan bola. Penerapan temuan konsep geometri pada Candi Dermo dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika yang berbasis budaya di sekolah dasar.
Kata Kunci: etnomatematika, matematika, sekolah dasar, geometri, Candi Dermo
Downloads

