Penerapan Strategi “Please” Menggunakan Media Blangkon Pacul Gowang untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berbahasa Jawa di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Rizkyah Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan strategi “PLEASE” dan media blangkon pacul gowang dalam pembelajaran menulis teks deskripsi; (2) mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi “PLEASE” dan media blangkon pacul gowang dalam pembelajaran menulis teks deskripsi; (3) mengetahui efektivitas hasil penerapan strategi “PLEASE” dan media blangkon pacul gowang dalam pembelajaran menulis teks deskripsi; (4) mengetahui kendala-kendala dalam penerapan strategi “PLEASE” dan media blangkon pacul gowang dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dan cara mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Kebonagung 1 di kelas 4. Subjek dari penelitian ini berjumlah 26 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan strategi PLEASE untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dengan media blangkon pacul gowang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yakni observasi, wawancara, dan tes (pra-test dan post-test).

Hasil dari penelitian ini adalah strategi PLEASE menggunakan media blangkon pacul gowang dapat meningkatkan keterampilan menulis kelas 4 SDN Kebonagung 1. Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai dari pra-siklus ke siklus 1 yaitu sebesar 6 dan prosentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 27%; dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata nilai meningkat sebesar 16 dan prosentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 35%; sementara dari pra-siklus ke siklus 2 sebesar 22 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 62%.

Kata Kunci: strategi PLEASE, blangkon pacul gowang, teks deskripsi.

 

This research aims to (1) determine the application of the "PLEASE" strategy and blangkon pacul gowang learning media in learning to write descriptive text; (2) knowing student learning outcomes by applying the “PLEASE” strategy and blangkon pacul gowang learning media in learning to write descriptive text; (3) determine the effectiveness of the results of implementing the "PLEASE" strategy and blangkon pacul gowang learning media in learning to write descriptive text; (4) knowing the obstacles in implementing the "PLEASE" strategy and blangkon pacul gowang learning media in learning to write descriptive text and how to overcome them. This research is a classroom action research conducted at SDN Kebonagung 1 in grade 4. The subjects of this research are 26 students and the object of this research is the application of the PLEASE strategy to improve the skills of writing descriptive text with the learning media of blangkon pacul gowang. This research was conducted in two cycles and consisted of planning, action, observation, and reflection. Data collection in this research was carried out in three ways, namely observation, interviews, and tests (pre-test and post-test). The result of this research is that the PLEASE strategy using the blangkon pacul gowang learning media can improve writing skills for grade 4 at SDN Kebonagung 1. This result is evidenced by the increase in the average score from pre-cycle to cycle 1 which is 6 and the percentage of learning completeness increases by 27%; from cycle 1 to cycle 2 the average score increased by 16 and the percentage of learning completeness increased by 35%; while from pre-cycle to cycle 2 is 22 and the percentage of learning completeness is 62%.
Keywords
: PLEASE strategy, blangkon pacul gowang, description text.

Published
2022-10-28
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 115