Penerapan Strategi Cerita Berantai Bermedia Gambar Berseri dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas V Sekolah Dasar

  • Nur Rokhmatul Mazidah Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan berbicara yang dimiliki peserta didik. Masih banyak peserta didik yang merasa takut, kurang percaya diri, dan gagap dalam berbicara di depan kelas. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang baru dalam melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik yaitu dengan strategi cerita berantai. Penggunaan strategi ini akan menjadi lebih efektif dengan penambahan media gambar seri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses, hasil, kendala-kendala, dan cara mengatasi dalam penerapan strategi cerita berantai dengan media gambar seri dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dengan hasil kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu true experimental dengan rancangan posttest only control design. Adapun nilai kevalidan media sebesar 80% dan nilai kevalidan materi sebesar 85% yang menunjukkan bahwa penerapan strategi cerita berantai menggunakan media gambar seri layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Pada pretest kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 51,2. Sedangkan posttest kelompok eksperimen mendapat nilai rata-rata 63,1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi cerita berantai bermedia gambar berseri memberikan hasil yang signifikan dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: keterampilan berbicara, cerita berantai, gambar seri.

 

This research was conducted because of the low speaking skills of the students. There are still many students who feel afraid, lack confidence, and stutter in speaking in front of the class. Therefore, a new learning strategy is needed in training and developing students' speaking skills, namely the chain story strategy. The use of this strategy will be more effective with the addition of serial image media. The purpose of this study is to describe the process, results, constraints, and ways to overcome them in the application of a chain story strategy with picture series media in learning speaking skills in fifth grade elementary school. The type of research used is experimental by comparing the results between the experimental group and the results of the control group. The research design used is true experimental with posttest only control design. The media validity value is 80% and the material validity value is 85%, which indicates that the implementation of the chain story strategy using serial image media is appropriate for use in learning activities. Based on the results of the research conducted, it showed an increase from pretest to posttest. In the pretest the control class got an average score of 51.2. While the posttest experimental group got an average value of 63.1. So it can be concluded that the application of the chain story strategy with serial pictures provides significant results in learning speaking skills of fifth grade elementary school students.

Keywoards: speaking skills, chain stories, picture series.

Published
2022-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 271
PDF Downloads: 319