PENERAPAN STRATEGI RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN DI KELAS IV SDI PLUS DARUN NAJAH KEDIRI

  • yessy marthasari Universitas Negeri Surabaya
  • heru subrata

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks laporan. Peserta didik kesulitan dalam membuat topik serta mengembangkan isi laporan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, hasil penerapan, kendala-kendala, dan cara mengatasi kendala penerapan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan di kelas IV SDI Plus Darun Najah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata pratindakan adalah 66,7 sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 75,4 dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 82,5. Sehingga dari pratindakan ke siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata sebanyak 15,8. Untuk ketuntasan klasikal pada pratindakan hanya mencapai 53,3%. Pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 73,3% dan siklus II ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 86,6%. Sehingga peningkatan dari pratindakan ke siklus II sebanyak 33,3%. Sehingga dapat disimpulkan, penerapan strategi RAFT pada pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan peserta didik kelas IV SDI Plus Darun Najah Kediri.
Kata Kunci: Srategi RAFT, keterampilan menulis teks laporan.

 

This research was conducted because of the low skills of students in writing report texts. Students have difficulty in making topics and developing report content. The purpose of this study is to describe the implementation, implementation results, constraints, and how to overcome obstacles in implementing the RAFT strategy (Role, Audience, Format, Topic) in improving report text writing skills in class IV SDI Plus Darun Najah Kediri. This research is a classroom action research, where each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection stages. The results of the study showed the average value of pre-action was 66.7 while the average value in the first cycle was 75.4 and the average value in the second cycle was 82.5. So from pre-action to cycle II, the average value increased by 15.8. For classical completeness in pre-action only reached 53.3%. In the first cycle of classical completeness obtained by 73.3% and the second cycle of classical completeness obtained by 86.6%. So that the increase from preaction to cycle II was 33.3%. So it can be concluded, the application of the RAFT strategy in learning can improve the writing skills of the fourth grade students of SDI Plus Darun Najah Kediri.
Keywords: RAFT strategy, report text writing skills.

Published
2022-10-28
Section
Articles
Abstract Views: 195
PDF Downloads: 138