PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI “Laboratorium MR. ARCHI” BERBASIS ANDROID PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • AYU PUJI LESTARI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • SURYANTI . UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Permainan edukasi merupakan contoh media pendidikan yang dapat digunakan menjadi alat pembelajaran. Pada era modern guru dituntut untuk dapat menyesuaikan kebutuhan media pembelajaran dengan karakter siswa. Tujuan penelitian pengembangan media game edukasi “Laboratorium Mr. Archi” adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan serta kepraktisan media game edukasi “Laboratorium Mr. Archi” pada materi pesawat sederhana bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan sumber dari perkembangan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta hasil belajar siswa IPA materi pesawat sederhana dari 3 sekolah yaitu SDN Cangkring, SDN 1 Songo dan SDN 1 Bluluk yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pengembangan dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang melalui 7 tahapan. Untuk mengetahui tingkat kevalidan media game edukasi “Laboratorium Mr. Archi” melalui proses uji validasi ahli materi dengan hasil sebesar 79,1% (Valid), dan pada uji validasi ahli media sebesar 78,3% (Valid). Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media melalui uji coba kelompok kecil atau terbatas pada 15 siswa kelas V Sekolah Dasar mendapatkan hasil sebesar 86 % (Sangat Praktis) dan nilai rata-rata siswa ketika sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media game edukasi “Laboratorium Mr. Archi” adalah 56,6 dan 70,6. Hal ini dapat  disimpulkan bahwa media game edukasi “Laboratorium Mr. Archi” berbasis android dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pesawat sederhana ditinjau dari tingkat kevalidan serta  kepraktisan media.

Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukasi Petualangan Mr. Archi, android, pesawat sederhana, Sekolah Dasar.

Published
2022-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 170