EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SPINPUS (SPIN, PUZZLE, AND SONG) SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Tryas Mia Melyana Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan bercerita pengalaman, dengan bercerita peserta didik dapat menyampaikan gagasan, isi pikiran, dan informasi yang mereka ingin sampaikan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media SPINPUS yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran bercerita pengalamanku di SD ; (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan media SPINPUS dalam materi pelajaran bercerita pengalaman ; (3) mendeskripsikan efektivitas hasil penggunaan media SPINPUS dalam pembelajaran bahasa Indonesia bercerita pengalaman; (4) mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan media SPINPUS dalam pembelajaran bercerita pengalaman dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Wonokromo III Surabaya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 44 siswa dan objek penelitian ini adalah penggunaan media SPINPUS sebagai media alternatif untuk meningkatkan kemampuan bercerita pengalaman siswa kelas III SD. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dan di setiap siklusnya  terdiri atas rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan empat cara, yakni observasi, wawancara,  tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan Media SPINPUS dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Wonokromo III Surabaya. Hasil ketuntasan yang didapatkan pada pra-siklus sebanyak 10 peserta didik (23%) dengan nilai rata-rata 61, pada siklus I hasil ketuntasan meningkat menjadi 27 peserta didik (61%) dengan rata-rata nilai 74, dan pada siklus II hasil ketuntasan meningkat menjadi 42 peserta didik (95%) dengan rata-rata nilai 85. Dari hasil tersebut maka penggunaan media SPINPUS dapat meningkatkan keterampilan bercerita pengalaman peserta didik kelas III SD.

Kata Kunci: bercerita, pengalaman, spin, puzzle, song, spinpus

Published
2022-10-28
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 141