EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU CARAKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA LEGENA DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari permasalahan terkait kesulitan peserta didik dalam memahami dan menulis aksara Jawa legena. Penggunaan media pembelajaran cukup berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media, hasil penerapan, dan efektivitas media kartu Carakan pada siswa kelas III SDN Wotanngare II Bojonegoro. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner terdiri dari lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar respon siswa, dan lembar respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil validasi media kartu Carakan mendapat persentase sebesar 92%. Sedangkan hasil validasi materi aksara Jawa legena mendapat persentase sebesar 94%. Keefektifan media didapat dari hasil respon siswa, hasil respon guru, dan hasil belajar siswa berupa evaluasi yang mengalami peningkatan setelah menggunakan kartu Carakan. Evaluasi terdiri dari melengkapi aksara Jawa legena dan mengartikannya sehingga menjadi kata dasar. Diperoleh data dari nilai siswa sebelum menggunakan media yaitu hanya 10 dari 26 siswa siswa dengan persentase 38% yang memenuhi KKM yaitu ?75. Setelah menggunakan media, terdapat 19 siswa mampu memperoleh nilai diatas KKM sehingga sebanyak 73% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa media kartu Carakan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa legena.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Carakan, Menulis Aksara Jawa Legena.