Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Duck Shot Pada Sistem Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas 2 Sekolah Dasar

  • Antika Dwi Indarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada kelas II SDN 2 Bodag. Proses belajar dan bermain merupakan dua hal yang berbeda namun dapat dipadukan menjadi sebuah kegiatan yaitu belajar sambil bermain. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada sekolah tersebut guru mengajar berpacu pada buku dan media yang digunakan menggunakan media papan tulis. Hal tersebut menyebabkan peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis game edukasi Duck Shot pada mata pelajaran penjumlahan dan pengurangan kelas II sekolah dasar. Kelayakan pada media pembelajaran game edukasi Duck Shot dapat diketahui melalui validasi dan uji coba produk, efektivitas dapat dilihat hasil ketuntasan belajar melalui tes peserta didik sedangkan kepraktisan media dapat dilihat menggunakan angket respon peserta didik dan guru. Pengembangan media pembelajaran game edukasi Duck Shot menggunakan model pengembangan Borg and Gall, dengan 10 tahapan yang diringkas menjadi 7 tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk, revisi desain, validasi desain, revisi produk. Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut; tingkat kevalidan pada media pembelajaran game edukasi Duck Shot dilihat dari hasil validasi yang dilakukan kepada dosen para ahli. Kevalidan dari ahli media mendapatkan presentase sebesar 83,3% sedangkan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 86,1%. Keefektivan dilihat pada ketuntasan belajar mendapatkan presentase sebesar 100% dengan perhitungan N- Gain sebesar 0,73 masuk kedalam kategori tinggi yaitu 0,70 < g <1,00. Kepraktisan media dapat dilihat menggunakan hasil respon angket guru dan peserta didik dengan perolehan 100% untuk angket respon guru dan 98,1% untuk angket respon peserta didik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan media game edukasi Duck Shot dinyatakan valid, praktis, dan efektiv digunakan sebagai alternatif media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada kelas II sekolah dasar.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Duck Shot

Published
2023-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 219