KAJIAN PRAKTIK ECOLITERACY BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA KAWASAN WISATA TRENGGALEK AGROPARK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Pundy Andayani .
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik ecoliteracy berorientasi education for sustainable development pada kawasan wisata Trenggalek Agropark serta pemanfaatannya sebagai sumber belajar di sekolah dasar sehingga temuan ini dapat dikembangkan menjadi sumber belajar yang mendorong dalam upaya mewujudkan siswa yang ecoliterate dan tercerahkan tentang pentingnya lingkungan bagi kehidupan mereka dan kehidupan makhluk hidup lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kawasan wisata Trenggalek Agropark memiliki relevansi dengan kerangka pedagogis ecoliteracy berorientasi education for sustainable development yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar di sekolah dasar dengan menerapkan prinsip pembelajaran berdasarkan pengalaman, ekspedisi dan proyek. Muatan materi yang terkandung dan sesuai dengan mata pelajaran di sekolah dasar adalah pemahaman dan kemampuan proses IPAS pada kelas rendah dan kelas tinggi yang dapat implementasikan dalam bentuk rencana belajar (lesson plan) yang mempromosikan ecoliteracy berorientasi education for sustainable development .

Kata Kunci: ecoliteracy, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, sumber belajar

Published
2023-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 195