PENGEMBANGAN APLIKASI GLIDE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Desi Rahmawati State University of Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian dilakukan dalam kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) pada para pendidik MI Ma’arif Sambiroto Taman Sidoarjo dengan skema pengabdian masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, pendidik menyampaikan pelajaran melalui berbagai banyak aplikasi, seperti WhatsApp, quizizz, Google Forms, dan google classroom. Banyaknya keluhan anak didik seperti kuota internet cepat habis, diskusi (room chat) terdapat di aplikasi yang berbeda, serta kapasitas gawai yang tidak mencukupi merupakan suatu masalah yang terjadi dalam pembelajaran saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi tanpa coding berbasis glide yang layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat dijadikan standar pembuatan aplikasi berbasis glide oleh pendidik sebagai solusi dari keluhan anak didik. Aplikasi berbasis glide ini dibuat oleh Tim PKM pengabdian masyarakat tahun 2021. Peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan  yang digunakan adalah model 4D Thiagarajan yang meliputi: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perencanaan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket respon pendidik. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan angket. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi 86%, hasil validasi media 96%, dan dua belas dari empat belas pendidik menyatakan bahwa aplikasi berbasis glide yang dibuat oleh tim PKM dinyatakan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam membuat aplikasi ini perlu dilakukan penyesuaian konsep dan strategi mengajar yang diinginkan.

Kata Kunci: glide, media pembelajaran, PKM.

  

The research was conducted in the PKM (Student Creativity Program) activities for educators at MI Ma'arif Sambiroto Taman Sidoarjo with a community service scheme. Based on the results of interviews and observations, educators teach lessons through various applications, such as WhatsApp, Quizizz, Google Forms, and Google Classroom. The number of student complaints like the internet quota quickly running out, discussions (chat rooms) being available in different applications, and insufficient capacity of device are problems in learning at that time. This study aims to produce media using glide made applications without coding that are suitable for use in teaching and learning activities and can be used as a standard applications from glide by educators as a solution to student complaints. This application based of glide was made by the PKM Team in 2021. Researchers use this type of development research. The development model used is the Thiagarajan 4D model which includes several steps, such as: (1) define stage, (2) design stage, (3) developmental stage, (4) and disseminate stage. The instruments used were validation sheets and educator response questionnaires. Data collection methods used are interviews, observation, and questionnaires. Researchers analyzed the data using quantitative descriptive analysis techniques. Material expert validation results were 86%, media validation results were 96%, and twelve out of fourteen educators stated that the glide-based application made by the PKM team was declared valid/feasible to use as a learning medium. In making this application, it is necessary to adjust the desired concept and teaching strategy.

Keywords: glide, learning media, PKM.  


 

Published
2023-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 167