PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD DALAM MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Helmy Iqbal Fareza Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan memiliki tujuan untuk membantu dalam pengembangan  potensi yang dimiliki oleh siswa. Dengan ditempuhnya pendidikan, seseorang dapat menghindari rendahnya kemampuan kognitif dan memiliki bekal untuk peningkatan taraf hidup untuk terhindar dari kemiskinan, Dalam era yang baru ini kemajuan teknologi tentunya memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, pada masa sekarang ini harus disadari bahwa diperlukan pendidikan yang mengarah pada pengoptimalan penggunaan teknologi, sekarang ini pendidikan tidak dapat lepas dari teknologi,  teknologi dapat merubah cara berpikir, teknologi juga dapat merubah cara kerja, dan teknologi dapat  merubah gaya hidup, berdasarkan temuan tersebut peneliti mencoba mengembangkan sebuah media pembelajaran  melalui basis website yaitu “nearpod”. Dalam penelitian kali ini  peneliti memilih jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE, adapun tahapan dalam penelitian ini adalah Analisis (Analysis), Desain (Design), Pembuatan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation).  Adapun penelitian dilaksanakan di SDN Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupatan Jombang, dengan Siswa Kelas 6 sebagai subjek penelitiannya dan materi yang dipilih adalah perkembangbiakan pada tumbuhan. adapun dalam penelitian ini dari  media produk pengembangan mendapatkan hasil validasi media sebesar 90%, validasi materi sebesar 92%,  adapun taraf ketercapaian materi sebesar 88%, dan berdasarkan perhitungan N-Gain dari pretest dan posttest siswa, media mendapatkan skor 0,67 , serta skor  kepraktisan sebesar 80,04%.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Perkembangbiakan pada tumbuhan               

Abstract

 Education has a goal to assist in developing the potential possessed by students. By pursuing education, a person can avoid low cognitive abilities and have the provision to increase living standards to avoid poverty. In this new era, technological progress certainly has very important benefits for everyday life. At this time, it must be realized that education is needed. which leads to optimizing the use of technology, now education cannot be separated from technology, technology can change ways of thinking, technology can also change ways of working, and technology can change lifestyles, based on these findings researchers are trying to develop a learning media through a website, namely " nearpods”.In this study, the researcher chose the type of development research using the ADDIE model, while the stages in this study were Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research was conducted at SDN Kayen, Bandarkedungmulyo District, Jombang Regency, with Grade 6 students as research subjects and the material chosen was plant propagation. Meanwhile, in this study, product development media obtained media validation results of 90%, material validation of 92%, while the level of material achievement was 88%, and based on N-Gain calculations from students' pretest and posttest, the media obtained a score of 0.67, and practicality score of 80.04%..

 

Keywords: Development, Interactive Learning Media, Nearpod, Propagation of plants

 

 

Published
2023-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 208