Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction Pada Tema Ekosistem Kelas V SDN Losari Ploso Jombang

Authors

  • MELLINDA YUSTITA RAMADHINA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan didasarkan dari adanya temuan peneliti bahwa banyaknya tenaga pendidik di SDN Losari yang mengalami kesulitan dalam menemukan media ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Akibatnya, sebagian besar tenaga pendidik di SDN Losari Ploso Jombang masih mengajar secara konvensional. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis CAI bagi siswa kelas V SD Negeri Losari Ploso Jombang. (2) Mendeskripsikan keefektifan produk media interaktif berbasis CAI bagi peserta didik di kelas V SDN Losari Ploso Jombang. (3) Menjelaskan kepraktisan produk pengembangan media ajar interaktif berbasis CAI bagi siswa kelas V SD Negeri Losari Ploso Jombang. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang diadaptasi melalui tahapan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan sasaran pengguna media yang merupakan peserta didik di kelassV-B SDN Losari Ploso Jombang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes (pre-test dan post-test). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis non statistik dan statistik. Dari analisis data yang dilakukan maka akan dilihat tingkat kevalidan media yang dikembangkan. Selanjutnya juga akan dilihat tingkat signifikasi penggunaan media CAI terhadap hasil belajar siswa. Media CAI (computer assisted instruction) dikembangkan secara bertahap, meliputi validasi materi, validasi media, uji coba pendahuluan, dan uji coba lapangan. Media CAI (computer assisted instruction) yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media ajar alternatif untuk kurikulum 2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi materi yang mendapatkan nilai 87,2; validasi media yang mendapatkan skor 89; tanggapan siswa mendapatkan 84,4; dan peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh sesuai hasil hitung tempirik = 3,07 lebih besar dari tteoritik = 2,000.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 99 , PDF Downloads: 59