PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD INKLUSI

  • Syaroful Laila Romadlonah UNESA, PGSD
  • Wiryanto . PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan merupakan hak setiap warga, terutama bagi peserta didik inklusi. Peserta didik inklusi berhak
mengikuti proses pembelajaran bersama dengan peserta didik lainnya di dalam kelas yang sama. Namun, proses
pembelajaran bagi peserta didik inklusi akan sedikit berbeda dan pendidik harus menemukan atau menerapkan
metode yang sesuai, salah satunya dengan metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya dapat mmebantu dalam
proses pembelajaran yang sulit, yakni matematika. Penelitian ini bertujuan dalam mendeskripsikan pengaruh
positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan
bahwa terdapat pengaruh positif dan efektivitas metode tutor sebaya melalui pengujian t-test kelompok kontrol
nilai rerata pre-test 33,5714 dan post – test 59,2857 dengan nilai N-Gain sebesar 34.8880 atau 34.8 termasuk
dalam kategori tidak efektif. Pada kelompok eksperimen, nilai rerata pre-test 33,5714 dan post – test 59,2857
dengan nilai N-Gain sebesar 96,6270 atau 96,6 termasuk dalam kategori efektif.
Kata Kunci: Pendidikan inklusi, metode tutor sebaya, matematika

Published
2023-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 69