PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANTI-PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR

  • Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media komik digital anti-perundungan sebagai sarana edukasi anti-perundungan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, rancangan komik melibatkan lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, komik dinilai valid berdasarkan tinjauan dari ahli materi dengan skor 92,3% dan dari ahli media pembelajaran sebesar 86,7% dengan kategori sangat baik. Uji coba dilakukan pada kelas rendah dengan respon siswa sebesar 94,35% dan pada kelas tinggi sebesar 95,41%, serta respon guru sebesar 95,45%. Hal ini menunjukkan bahwa media komik digital anti-perundungan sangat praktis. Hasil uji Gain sebesar 0,80 terhdap nilai tes kelas rendah dan 0,89 untuk kelas tinggi, yang menunjukkan bahwa media komik anti-perundungan dinilai sangat efektif. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para guru sekolah dasar untuk memberikan media komik digital anti-perundungan pada permasalahan perundungan di sekolah.

 

Kata Kunci: perundungan, komik, sekolah dasar          

Abstract

The purpose of this research is to develop anti-bullying digital comic media as a means of anti-bullying education in elementary schools. This research uses the ADDIE development model. The results of this research are as follows. First, the comic design involves five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Second, the comics were considered valid based on reviews from material experts with a score of 92.3% and from learning media experts at 86.7% with a very good category. The trial was conducted in the low class with a student response of 94.35% and in the high class of 95.41%, as well as a teacher response of 95.45%. This shows that the anti-bullying digital comic media is very practical. The Gain test results were 0.80 on the low class test scores and 0.89 for the high class, which showed that the anti-bullying comic media was considered very effective. Thus, this research can be a reference for elementary school teachers to provide anti-bullying digital comic media on bullying problems at school.

 

Keywords: bullying, comics, elementary school.

Published
2023-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 2724