Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Powtoon Pada Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV SDN Keputran VI/337 Surabaya

  • Risma Widyawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran metode eksperimen berbantuan media Powtoon, pengaruh metode eksperimen berbantuan media Powtoon, dan respon peserta didik setelah pembelajaran metode eksperimen berbantuan media Powtoon pada materi perubahan wujud zat kelas IV SDN Keputran VI/337 Surabaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik menunjukkan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel, yaitu 2,150>2,0085 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai Sig.(2-tailed) juga menunjukkan angka 0,036<0,05. Hasil angket respon peserta didik setelah pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 90,1% dengan kategori sangat tertarik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode eksperimen berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud zat kelas IV SDN Keputran VI/337 Surabaya.

Kata Kunci: metode eksperimen, media Powtoon, hasil belajar.

Published
2023-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 67