Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Berbantuan PPT Terhadap Hasil Belajar IPA Sistem Tata Surya Kelas VI SDN Milangasri 1 Magetan

  • DEVI WIDYA KUSUMA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan media power point interaktif pada materi sistem tata surya siswa kelas VI di SD Negeri Milangasri 1 Magetan.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Sampel penelitian ini siswa kelas VI B SD yang berjumlah 23 siswa menggunakan tenik purposive sampling, pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes yang digunakan berupa pretest dan posttest. Pretest merupakan tes sebelum pembeajaran atau perlakuan diberikan kepada peserta didik sedangkan Posttest adalah tes yang diberikan setelah dilakukannya perlakuan untuk menilai berapa besar hasil belajar IPA peserta didik setelah adanya perlakuan.

Teknik analisis instrumen tes berupa pretest dan posttest menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan Uji daya pembeda soal. Teknik Analisis hasil data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Independent sample t – test, dan uji N-Gain ternormalisasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,034 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan kategori nilai N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol dengan hasil sebesar 0,12 pada kategori rendah sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,60 pada kategori sedang. Temuan dari penelitian ini mengetahui hasil belajar IPA yag signifikan setelah menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan PPT. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain pada kelas kontrol atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Power point Interaktif pada materi sistem tata surya terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Think Pair Share, Power Point Interaktif, Hasil Belajar

 

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence on science learning outcomes by using the Think Pair Share cooperative learning model assisted by interactive power point media on the material of the solar system of grade VI students at SD Negeri Milangasri 1 Magetan.

This research method is a quantitative experiment with a research design of nonequivalent control group design. The sample of this study was grade VI B elementary school students totaling 23 students using purposive sampling tenik, data collection in this study in the form of test techniques used in the form of pretest and posttest. Pretest is a test before teaching or treatment is given to students while Posttest is a test given after treatment to assess how much students' science learning outcomes after treatment.

The technique of analyzing test instruments in the form of pretests and posttests uses validity tests, reliability tests, difficulty tests and question differentiation tests. Analysis technique of data results using normality test, homogeneity, Independent sample t - test, and normalized N-Gain test. The results of hypothesis testing show the value of Sig. <0.05, namely 0.034, which means Ho is rejected and Ha is accepted, while the N-Gain value category of the control class and experimental class obtained the average N-Gain value of the control class with a result of 0.12 in the low category while in the experimental class obtained an average N-Gain of 0.60 in the medium category. The findings of this study know significant science learning outcomes after using the TPS learning model assisted by PPT. So it can be concluded that the average value of N-Gain in the experimental class is higher than the N-Gain in the control class or there is an effect of using the Think Pair Share type cooperative learning model assisted by Interactive Power point media on solar system material on science learning outcomes in grade VI students.

 Keywords:  Learning Model, Cooperative type Think Pair Share, Interactive Power Point, Learning Outcome


Published
2023-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 96