PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN (MITUCAM) BERBASIS PBL UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA SD

  • Haniya Zulfa Prawesti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangan media MITUCAM berbasis PBL melalui android untuk materi benda tunggal dan campuran kelas V sekolah dasar, untuk mengukur validitas media (MITUCAM) Berbasis PBL Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa, untuk mengetahui keefektifan (MITUCAM) Berbasis PBL Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa, untuk mengetahui kepraktisan (MITUCAM) Berbasis PBL Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D research and development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi, media, lembar pretest dan posttest, lembar penunjang (lembar LKPD, RPP), serta lembar angket respon guru dan siswa. Penggunaan Teknik analisis validasi materi, dan media menggunakan skala likert sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha, lembar pretest- posttest menggunakan rumus homogenitas, normalitas, N-Gain, Uji T, lembar angket respon guru dan siswa menggunakan skala likert. Hasil kevalidan media MITUCAM memperoleh presentase 83 % melalui validasi media dan 85 % untuk validasi materi. Kepraktisan Media MITUCAM berbasis PBL yang diiplementasikan kedalam aplikasi android materi benda tunggal dan campuran kelas V SD dinyatakan sangat praktis dari hasil respon siswa yang memperoleh persentase 95,44% dan 96,25% untuk hasil angket respon guru. Data 2 kelas bernilai normal didapatkan lebih besar dari 0,05 (>0,05) sehingga berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas didapatkan 0,858 > 0,05 dengan kriteria homogen. Uji-T mendapatkan Ho 0,00 ≤α 0.05 bernilai Ho tertolak, dan Ha diterima bernilai hasil eksperimen berhasil mengurangi miskonsepsi yang materi benda tunggal dan campuran. Tingkat keefektifan mendapatkan nilai 0,70 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai 0,22 dalam analisis N-Gain mellaui uji coba produk yang menunjukkan peningkatan tingkat tinggi terhadap keefektifan mengurangi miskonsepsi terhadap materi.

Kata Kunci: pengembangan, media MITUCAM, berbasis PBL melalui android, Benda Tunggal dan Campuran.

 

 

Abstract

This development research aims to develop PBL-based MITUCAM media via android for single and mixed object material for grade V elementary schools, to measure the validity of PBL-based media (MITUCAM) to reduce student misconceptions, to determine the effectiveness of (MITUCAM) PBL-based to reduce student misconceptions, to know practicality (MITUCAM) Based on PBL to Reduce Students' Misconceptions. This type of research uses development research or R&D research and development) with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). The research instruments used were material validation sheets, media, pretest and posttest sheets, supporting sheets (sheets of worksheets, lesson plans), and questionnaires for teacher and student responses. The use of material validation analysis techniques and media uses a Likert scale while the reliability test uses Cronbach's Alpha, the pretest-posttest sheet uses the homogeneity formula, normality, N-Gain, T-test, teacher and student response questionnaire sheets use a Likert scale. MITUCAM media validation results obtained a percentage of 83% through media validation and 85% for material validation. Practicality The PBL-based MITUCAM media implemented into the android application for single and mixed object material for class V SD was declared very practical from the results of student responses which obtained percentages of 95.44% and 96.25% for the results of the teacher's response questionnaire. Data for 2 classes of normal value was found to be greater than 0.05 (> 0.05) so that it was normally distributed while the homogeneity test was obtained 0.858 > 0.05 with homogeneous criteria. The T-test obtained Ho 0.00 ≤α 0.05 with the value of Ho being rejected, and Ha being accepted with the value that the experimental results succeeded in reducing misconceptions about single and mixed matter. The level of effectiveness got a value of 0.70 for the experimental class while the control class got a value of 0.22 in the N-Gain analysis through product trials which showed a high level of increase in the effectiveness of reducing misconceptions about the material.

Keywords: deveopment, MITUCAM media, PBL based via android, Single and Mixed Objectscontent.

Published
2023-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 66