Pengembangan Media Game Monster Sudam Berbasis Android Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD

Pengembangan Media Game Monster Sudam Berbasis Android Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD

  • Jauharotillah Jauharotillah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengetahui proses pengembangan serta kelayakan Game Monster Sudam sebagai media pembelajaran Sumber Daya Alam dalam mata pelajaran IPS untuk siswa kelas IV di SDN Banjarwungu I. Penelitian ini didasarkan pada kemajuan teknologi kontemporer dan kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan materi agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa mudah untuk menyerap materi Sumber Daya Alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (analysis, design, develop, implement, evaluation) yang terdiri atas 5 tahapan, dengan analisis data kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, materi dan hasil respon siswa. Hasil validasi untuk materi yaitu 92,5% dan media menunjukkan tingkat keberhasilan 95% yang menandakan kategori yang baik. Rata-rata respon siswa terhadap media ini adalah 96,6% yang menandakan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media Game Monster Sudam sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS dengan tema Sumber Daya Alam.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, IPS, game android, sekolah dasar

  

Abstract

The purpose of this study was to evaluate and find out the development process and the feasibility of the Sudam Monster Game as a learning medium for Natural Resources in social studies for fourth grade students at SDN Banjarwungu I. This research is based on contemporary technological advances and the need for learning media that are in accordance with material so that learning is more interesting and fun so that students can easily absorb Natural Resources material. The type of research used is research and development which refers to the ADDIE model (analysis, design, develop, implement, evaluation) which consists of 5 stages, with quantitative data analysis, the research instruments used are media validation sheets, materials and student response results. The validation results for the material are 92.5% and the media shows a success rate of 95% which indicates a good category. The average student response to this media is 96.6% which indicates a very feasible category to use in the learning process. Thus, the conclusion of this study is that the Sudam Monster Game media is very suitable to be used as a learning medium for social studies subjects with the theme of Natural Resources.

Keywords: development, learning media, social studies, android games, elementary schools

Published
2023-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 77