Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Materi Alat Indra Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar

  • Mifta Lailatul Rhodiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

HhhPenelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian pengembangan media permainan ular tangga ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media permainan ular tangga materi alat indra manusia untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE yang memiliki 5 tahapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini meliputi lembar validasi, lembar angket respon guru dan peserta didik, serta lembar tes yang tediri dari pretest dan posttest. Jumlah subjek dalam penelitian yaitu 12 peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pehserut Kabupaten Nganjuk. Analisis data kevalidan diperoleh melalui validasi oleh ahli media dan materi.Tingkat kevalidan media diperoleh dari hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 91,1% dengan kategori sangat valid, dan uji validasi oleh ahli media sebesar 91,6% dengan kategori sangat valid. Analisis data kepraktisan diperoleh melalui angket respon guru dan peserta didik. Tingkat kepraktisan media diperoleh dari hasil angket respon peserta didik sebesar 96,6% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Teknik analisis data keefektifan diperoleh melalui lembar pretest dan posttest. Tingkat keefektifan media diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Media pembelajaran permainan ular tangga efektif digunakan dengan hasil presentase ketuntasan belajar sebesar 92%, serta peningkatan hasil belajar peserta didik melalui perhitungan N-Gain sebesar 0,63 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga memiliki nilai kevalidan, kepraktisan dan keefektifitasan yang tinggi sehingga layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran IPA materi alat indra manusia kelas IV Sekolah Dasar. Media permainan ular tangga sebaiknya digunakan sebagai alat untuk mengatasi permasalahan peserta didik dalam memahami materi alat indra manusia.

Published
2023-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 31