PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALEIDOSKOP PERISTIWA PADA MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ela Novanda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini membuat serta mengembangkan produk media pembelajaran dengan menggunakan sebuah istilah Kaleidoskop Peristiwa yang berguna memudahkan peserta didik menguasai dan menghafalkan materi sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V Sekolah Dasar. Produk media yang akan dibuat berbentuk visual yang dapat dioprasikan secara langsung dan nyata oleh penggunanya. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Ngrupit Ponorogo dengan objek peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui prosedur dari pengembangannya, tingkat layak dan valid media Kaleidoskop Peritiwa, dan mengetahui respon peserta didik pada media pembelajaran Kaleidoskop Peristiwa yang digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reaseach and Development) disertai dengan proses prosedur yang digunakan ialah model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuisioner. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan persentase (1) validasi materi mendapatkan persentase sebesar 91,66% dinyatakan valid, (2) validasi media dari pengembangan media menghasilkan persentase sebesar 88,2% dinyatakan valid, (3) Kuisioner respon peserta didik terhadap penggunaan media menghasilkan persentase sebesar 99,16% dinyatakan valid dan sangat layak dipergunakan. Kesimpulan: Media Pembelajaran Kaleidoskop Peristiwa sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Kaleidoskop Peristiwa, Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Published
2023-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 92