PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR TERHADAP ETNOMATEMATIKA PADA TARI REMO GAGRAK ANYAR

  • Fiona Damayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar terhadap etnomatematika pada Tari Remo Gagrak Anyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis peserta didik ditunjukkan diantaranya dengan didik dapat mengaplikasikan operasi hitung berupa pembagian, perkalian, dan penjumlahan dalam menghitung jumlah hitungan yang dilakukan dalam gerakan tari. Peserta didik dapat menyebutkan bentuk sudut atau bangun datar berdasarkan bentuk gerakan yang dilihat dan dipraktekkan. Selain itu, peserta didik juga dapat menyatakan perbedaan pada bentuk gerakan yang benar dan salah ketika melakukan gerakan tari.

Kata Kunci: pemahaman matematis, etnomatematika, Tari Remo Gagrak Anyar.

  

Abstract

This research aims to find out and explain elementary school students' mathematical understanding of ethnomathematics in the Remo Gagrak Anyar Dance. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques for this research are participant observation, semi-structured interviews, and documentation. The results of this research indicate that students' mathematical understanding is shown by including students being able to apply arithmetic operations in the form of division, multiplication, and addition in calculating the number of counts performed in dance movements. Students can name angular shapes or flat shapes based on the forms of movement seen and practiced. In addition, students can also state the differences in the correct and incorrect forms of movement when performing dance movements.

Keywords: mathematic understanding, ethnomathematics, Remo Gagrak Anyar Dance.   

Published
2023-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 54