ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Reza Widyawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Setiap peserta didik memiliki keberagaman individu sehingga memiliki kebutuhan belajar yang berbeda. Guru perlu mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan efektif. Pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilakukan melalui triangulasi, yaitu dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memverifikasi data. Penelitian dilakukan di kelas 5A SDN Pagesangan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik. Guru melakukan persiapan awal dengan melakukan tes diagnostik kemudian menyusun strategi pembelajaran yang sesuai. Diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk juga dilakukan oleh guru berdasarkan pemetaan kebutuhan siswa. Baik guru maupun siswa merasakan dampak positif dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Guru merasa bahwa kebutuhan belajar siswa terpenuhi, yang tercermin dari respon positif siswa terhadap pembelajaran tersebut. Namun, guru juga menghadapi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu kendala yang dialami adalah mengubah paradigma siswa yang masih terpaku pada pola pikir seragam dan pemahaman bahwa pembelajaran adalah sama untuk semua. Guru berusaha mengatasi kendala tersebut dengan menekankan bahwa pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti membedakan, melainkan memberikan perbedaan dalam proses pembelajaran sesuai dengan minat, profil, dan gaya belajar siswa.

Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran IPS, kebutuhan belajar.

  

Abstract

Each student has individual diversity so that they have different learning needs. Teachers need to accommodate the learning needs of students so that learning can run effectively. Differentiated learning can be a solution to meet these diverse learning needs. The purpose of this study was to analyze the application of differentiated learning in social studies subjects in elementary schools. The research method used is qualitative with a case study approach. Data analysis was carried out through triangulation, namely by combining the results of observations, interviews, and documentation to verify the data. The research was conducted in class 5A SDN Pagesangan Surabaya. The results showed that the teacher was successful in carrying out differentiated learning well. The teacher makes initial preparations by carrying out diagnostic tests and then developing appropriate learning strategies. Content differentiation, process differentiation, and product differentiation are also carried out by teachers based on mapping student needs. Both teachers and students feel the positive impact of implementing differentiated learning. Teachers feel that students' learning needs are met, which is reflected in students' positive responses to the learning. However, teachers also face obstacles in implementing differentiated learning. One of the obstacles experienced is changing the paradigm of students who are still fixated on a uniform mindset and understanding that learning is the same for all. The teacher tries to overcome these obstacles by emphasizing that differentiated learning does not mean differentiating, but rather providing differences in the learning process according to students' interests, profiles, and learning styles.

Keywords: differentiated learning, social studies learning, learning needs.

Published
2023-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 1879
PDF Downloads: 1641