Efektifitas Metode Permainan Kartu Kwartet Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

  • Dalilah Azzah Sahira Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penerapan metode pembelajaran  yang diterapkan masih kurang sehingga banyak siswa cenderung bosan dan kurang bersemangat saat pembelajaran. Tidak hanya itu keterbatasan penggunakan media juga kurang dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa kurang dalam pembelajaran IPA. Sehingga keaktifan siswa belum nampak saat pembelajaran hal itu menjadi salah satu penyebab perolehan hasil belajar IPA kurang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode permainan kartu kwartet terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas 5 sekolah dasar. Sementara metode penelitian yang digunakan jenis metode kuantitatif dengan desain quasy- experimental. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan teknik permainan kartu kwartet dalam mengajar dapat meningkatkan  hasil belajar dan keterlibatan keaktifan belajar siswa meningkat, yang terlihat dari peningkatan hasil aktivitas belajar siswa di setiap pertemuan mencapai 96,6%. Sedangkan nilai posttest mencapai 87,9% dengan rata-rata 85,85 sudah mencapai KKM. Terlihat pada nilai N-Gain mencapai 61,5 pada perolehan nilai rata-rata perolehan nilai N-Gain dapat dikategorikan efektifitas “sedang”. Perbedaan dari penelitian sebelumnya yaitu pada media kartu kwartet pada peneliti terdahulu kartu kwartet yang diterapkan hanya terdapat gambar saja sedangkan yang peneliti terapkan menampilkan penjelasan pada gambar sehinga siswa lebih memahami materi terebut. Sehingga pendekatan metode permainan kartu kwartet efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dalam pemelajaran IPA kelas 5 sekolah dasar.

Kata Kunci: metode permainan, kartu kwartet, hasil belajar, keaktifan belajar

  

Abstract

The application of learning methods that are applied is still lacking so that many students tend to get bored and lack enthusiasm during learning. Not only that, the limited use of media is also lacking in the learning process so that students' understanding is lacking in learning science. So that the activeness of students is not yet visible when learning, this is one of the causes of less than optimal result of learning in science. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the quartet card game method on result of learning and learning activities of fifth grade elementary school students. While the research method used is a quantitative method with a quasy-experimental design. The results of this study indicate that using the quartet card game technique in teaching can improve result of learning  and increase student learning active involvement, which can be seen from the increase in student learning activity results at each meeting reaching 96.6%. Meanwhile, the posttest score reached 87.9% with an average of 85.85 and reached KKM. It can be seen that the N-Gain value reaches 61.5, and the average N-Gain value can be categorized as "medium" effectiveness. The difference from previous research is that in the quartet card media, the previous researchers used quartet cards that only contained pictures, while the researchers applied displaying explanations on the pictures so that students understood the material better. So that the quartet card game method approach is effective in increasing result of learning and student learning activeness in improving result of learning and student learning activeness in learning science in grade 5 elementary schools.

Keywords: game method, quartet cards, result of learning, learning activity

Published
2023-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 107