Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Maya (Macam-Macam Gaya) Berbasis E-Card Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

  • Gretta Misselya Nora Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Maya (Macam-Macam Gaya) berbasis E-Card Interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA di SD sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu validasi ahli media, ahli materi, angket siswa, angket guru, RPP, pretest, dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat valid dan validasi materi 80% dengan kriteria cukup valid. Kepraktisan media diketahui dari hasil angket guru sebesar 94% dan hasil angket siswa sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diketahui dari hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 95,45% dengan kategori sangat tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum menggunakan media E-Card dan setelah menggunkaan media E-Card. Peningkatan tersebut memperoleh N-Gain sebesar 0,6061 dengan kategori peningkatan sedang. Hal ini menunjukkan media E-Card layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : Media pembelajaran, E-Card, macam-macam gaya.

  

Abstract

This study aims to develop learning media Maya Cards (Various Styles) based on Interactive E-Cards that can be used as learning media in science lessons in elementary schools so as to improve student learning outcomes and to determine the validity, practicality, and effectiveness of the media developed. This research is a type of development research (R&D) using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. The data collection instruments for this research were the validation of media experts, material experts, student questionnaires, teacher questionnaires, lesson plans, pretest, and posttest. The data analysis technique used is validity test, practicality test, and effectiveness test. The media validation results obtained a percentage of 84% with very valid criteria and 80% material validation with quite valid criteria. The practicality of the media is known from the results of the teacher's questionnaire by 94% and the student's questionnaire results by 96% in the very practical category. The effectiveness of the media is known from the results of student learning completeness of 95.45% in the very high category. There is a significant difference in student learning outcomes between before using E-Card media and after using E-Card media. This increase obtained an N-Gain of 0.6061 in the moderate improvement category. This shows that the E-Card media is suitable for use as a learning medium.

Keywords: Learning media, E-Card, various styles.

Published
2023-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 67