PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BANGUN DATAR-KODE QUICK RESPONSE (PAPA ANTAR-QR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Maghfirah Iqli Muchasona Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

PAPA ANTAR-QR merupakan singkatan dari Papan Bangun Datar-Kode Quick Response yang terdiri dari papan yang terbuat dari ACP dan juga terdapat kartu mystery box berisi soal dan jawaban dilengkapi dengan kode quick response yang dapat memunculkan video penyelesaian soal. Media ini dibuat untuk menumbuhkan minta siswa pada pelajaran matematika agar tidak menyeramkan. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media yang layak dengan mengukur kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan. Penelitian ini dilakukan luring dengan subjek 28 siswa kelas I SDN Bulak Banteng I/263 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi presentase. Hasil tingkat kevalidan materi oleh ahli sebesar 81,7%, kevalidan media sebesar 95,3% dan kepraktisan dari angket respon guru sebesar 94% dan angket respon siswa sebesar 100%. Kesimpulan penelitian ini yakni pengembangan media Papan Bangun Datar-Kode Quick Response (Papa Antar-QR) dapat dinyatakan “layak dan praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran pengenalan bangun datar di SD.

Kata Kunci: pengembangan media, papa antar-qr, materi pengenalan bangun datar.

  

Abstract

PAPA ANTAR-QR stands for Flat Board-Quick Response Code which consists of a board made of ACP and there is also a mystery box card containing questions and answers equipped with a quick response code that can bring up a video of solving the problem. This media was created to foster asking students in math lessons not to be scary. The purpose of the study is to develop viable media by measuring validity and practicality. The type of research used in this research is the type of development (Research and Development) using the ADDIE model with 5 stages. This research was conducted offline with the subjects of 28 grade I students of SDN Bulak Banteng I / 263 Surabaya. The instruments used are material and media validation sheets as well as teacher and student response questionnaires. The data analysis technique used is percentage description. The results of the level of material validity by experts were 81.7%, media validity was 95.3% and practicality of teacher response questionnaires was 94% and student response questionnaires were 100%. The conclusion of this study is that the development of Flat Board-Code Quick Response (Papa Antar-QR) media can be declared "feasible and practical" for use in flat wake recognition learning in elementary schools.

Keywords: media development, papa inter-qr, flat build introduction material.

 

Published
2023-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 30