PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “MALAYA” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD

  • Tarissa Nur Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif “MALAYA” berbasis articulate storyline. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk yang ditinjau dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek Penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas VI. Hasil validasi materi sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media sebesar 95,71%  dengan kategori sangat valid. Hasil data kepraktisan dari penilaian angket guru memperoleh persentase sebesar 94% dan angket peserta didik memperoleh persentase sebesar 94,33% dengan kategori sangat praktis. Analisis  ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh persentase sebesar 90 % dengan kategori sangat baik. Peningkatan skor hasil belajar yang memperoleh N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan hasil uji-t berpasangan  mendapat Sig. sebesar  0,00. Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara data pretest dan posttess. Multimedia “MALAYA” dapat menarik perhatian peserta didik dan menumbuhkan minat belajar. Multimedia “MALAYA” juga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: multimedia interaktif, articulate storyline, tata surya, hasil belajar

    

Abstract

This research produced an interactive multimedia product "MALAYA" based on an articulate storyline. The purpose of this research was to determine the feasibility of the product in terms of validity, practicality, and effectiveness aspects of the media to improve student learning outcomes. This type of research is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects of this research were 30 students of sixth grade. Material validation result of 95.55% with a very valid category. The media validation results were 95.71% with a very valid category. The results of the practicality data were obtained from the assessment of the teacher's questionnaire which obtained a percentage of 94% and the students questionnaire which obtained a percentage of 94.33% in the very practical category. The completeness analysis of student learning outcomes obtained a percentage of 90% in the very good category. The increase in learning outcomes scores that obtained an N-Gain of 0.71 in the high category and the results of the paired t-test received Sig. of 0.00. Because the value of Sig. (2-tailed) 0.00 <0.05, it can be stated that there is a significant difference in learning outcomes between pretest and posttest data. Multimedia "MALAYA" can attract the attention and create student interest in learning. Multimedia “MALAYA” can also improve the quality of learning which is marked by an increase in student learning outcomes.

Keyword : interactive multimedia, articulate storyline, solar system, learning outcomes

Published
2023-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 70