Pengembangan Media ARUBAWA (Augmented Reality Perubahan Wujud Benda) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Tanjung

  • Alfina Mega Kurniasari Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Materi IPA yang terdapat dalam media ARUBAWA (Augmented Reality Perubahan Wujud Benda) merupakan model objek tiga dimensi dengan animasi dan keterangan pendukung untuk menunjukkan proses perubahan wujud benda. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran IPA yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian pengembangan merupakan adaptasi dari 8 tahap penelitian Borg and Gall. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V sekolah dasar dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan media valid digunakan dengan validasi desain media pada angka 80,76%, materi pada angka 95% dan perangkat pembelajaran pada angka 92,5%. Media praktis digunakan dengan hasil angket respon siswa pada angka 93,71% dan angket respon guru pada angka 96,87%. Media efektif digunakan dengan analisis data nilai pretest-posttest yakni nilai N-Gain berada pada nilai 0,752, sebanyak 68,18% siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada analisis uji t mendapatkan perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 34,09 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 dimana terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan media sehingga secara keseluruhan media ARUBAWA (Augmeted Reality Perubahan Wujud Benda) layak digunakan dan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar.                                                      

Kata Kunci: media pembelajaran, ARUBAWA, hasil belajar    

 

Abstract

This development research produced science learning media to significantly improve student learning results. The natural science material contained in ARUBAWA is three-dimensional object model with animation and supporting information to show the process of changing the shape of an object. The purpose of this research is to produce science learning media that were valid, practical and effective for improving the learning results of fifth grade students. This type of development research is an adaptation of the 8 stages of Borg and Gall's research. The research sample consisted of 22 fifth grade elementary school students with a one group pretest-posttest design. In the learning media validation stage, the results of the research show that valid media with media design validation at 80,76%, material at 95% and learning tools at 92,5%. Practical media is used with the results of the student response questionnaire at 93,71% and the teacher's response questionnaire at 96,87%. Effective media with data analysis of pretest-posttest scores, the N-Gain value is 0,752 and 68,18% of students experience a significant increase in learning results. In the t test analysis, the difference in the average pretest and posttest scores was 34.09 with a significance value (2-tailed) of 0,00 there was a difference in the average scores of students before and after using the media so that overall ARUBAWA is suitable for use and is able to improve science learning results in fifth grade elementary school students.

Keywords: learning media, ARUBAWA, learning results

Published
2023-06-15
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 63