PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIDSGEOPEDIA WIPE AND CLEAN MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA SERTA PENGARUHNYA KELAS V SDN GLONGGONG MADIUN

  • HANA TIYASAPUTRI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • SUPRAYITNO SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, kelayakan, serta respon pendidik dan peserta didik dari buku ajar kidsgeopedia wipe and clean materi karakteristik geografis Indonesia serta pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket kebutuhan, dan angket respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glonggong, Kabupaten Madiun, dengan peserta didik kelas V sebagai subjek penelitiannya.  Penelitian ini mendapatkan hasil validasi media sebesar 85,9%, validasi materi sebesar 91%,  dan setelah uji coba pemakaian, penelitian ini mendapatkan respon pendidik sebesar 100%, dan respon peserta didik sebesar 98,3%.

Kata Kunci: Pengembangan, Kidsgeopedia Wipe and Clean, Karakteristik Geografis Indonesia, Literasi, Vandalisme

  

Abstract

This development research aims to determine the procedures, feasibility, and responses of educators and students from the kidsgeopedia wipe and clean textbook on the geographical characteristics of Indonesia and its effects. This study uses the ADDIE model which has five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This study uses qualitative and quantitative research methods with data collection techniques, namely observation, interviews, needs questionnaires, and response questionnaires for educators and students. This research was conducted at SDN Glonggong, Madiun Regency, with fifth grade students as research subjects. This study obtained media validation results of 85.9%, material validation of 91%, and after trial use, this study obtained an educator response of 100%, and student responses of 98.3%.

Keywords: Development, Kidsgeopedia Wipe and Clean, Geographical Characteristics of Indonesia, Literacy, Vandalism

Published
2023-06-15
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 26