PENGEMBANGAN KONTEN GAMES TRINITY BERBASIS WEBSITE MATERI NILAI TEMPAT KELAS II SD

  • Nur Izzatur Rif'ah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan konten Games Trinity

berbasis website pada pembelajaran matematika materi nilai tempat kelas II sekolah dasar dan menilai

tingkat kelayakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model

ADDIE yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kelayakan ini dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 92,5%, hasil validasi media sebesar 98,5%,

hasil data pengguna media sebesar 98,9%, dan hasil observasi yaitu 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat

dikatakan bahwa konten Games Trinity berbasis website sangat valid dan sangat layak untuk digunakan

sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini yaitu apabila kegiatan

pembelajaran dengan menggunakan media Games Trinity maka dapat menciptakan kegiatan

pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menguatkan konsep materi nilai tempat bilangan pada

peserta didik kelas II sekolah dasar.

Kata Kunci: Konten, Media Games Trinity, Website, Pembelajaran Matematika, Materi Nilai Tempat

Abstract

The purpose of this study is to describe the process of developing website-based Games Trinity content in

learning mathematics place value material in grade II elementary school and assessing its feasibility

level. This type of research is development research using the ADDIE model which includes the stages of

analysis, design, development, implementation and evaluation. The results showed that the media made

were suitable for use in learning. This feasibility can be seen from the material validation results of

92.5%, media validation results of 98.5%, media user data results of 98.9%, and observation results of

100%. Based on this, it can be said that the website-based Games Trinity content is very valid and very

feasible to be used as a tool in learning mathematics. The implication of this research is that if learning

activities use the Trinity Games media, it can create fun learning activities so that it can reinforce the

concept of place value material for students in grade II elementary schools.

Keywords: Content, Media Games Trinity, Website, Math Learning, Place Value Material

Published
2023-06-16
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 53