PENGEMBANGAN KONTEN GAMES TRINITY BERBASIS WEBSITE MATERI NILAI TEMPAT KELAS II SD
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan konten Games Trinity
berbasis website pada pembelajaran matematika materi nilai tempat kelas II sekolah dasar dan menilai
tingkat kelayakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kelayakan ini dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 92,5%, hasil validasi media sebesar 98,5%,
hasil data pengguna media sebesar 98,9%, dan hasil observasi yaitu 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat
dikatakan bahwa konten Games Trinity berbasis website sangat valid dan sangat layak untuk digunakan
sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini yaitu apabila kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan media Games Trinity maka dapat menciptakan kegiatan
pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menguatkan konsep materi nilai tempat bilangan pada
peserta didik kelas II sekolah dasar.
Kata Kunci: Konten, Media Games Trinity, Website, Pembelajaran Matematika, Materi Nilai Tempat
Abstract
The purpose of this study is to describe the process of developing website-based Games Trinity content in
learning mathematics place value material in grade II elementary school and assessing its feasibility
level. This type of research is development research using the ADDIE model which includes the stages of
analysis, design, development, implementation and evaluation. The results showed that the media made
were suitable for use in learning. This feasibility can be seen from the material validation results of
92.5%, media validation results of 98.5%, media user data results of 98.9%, and observation results of
100%. Based on this, it can be said that the website-based Games Trinity content is very valid and very
feasible to be used as a tool in learning mathematics. The implication of this research is that if learning
activities use the Trinity Games media, it can create fun learning activities so that it can reinforce the
concept of place value material for students in grade II elementary schools.
Keywords: Content, Media Games Trinity, Website, Math Learning, Place Value Material