Keyakinan Guru SD Berprestasi Tentang Matematika Yang Memengaruhi Pandangan Siswa Terhadap Matematika

  • Aulia Ananda Rheyza UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Guru adalah seorang individu yang dapat memengaruhi cara pandang siswanya. Seorang siswa percaya bahwa yang dijelaskan oleh gurunya adalah sebuah kebenaran. Dalam kegiatan belajar di dalam kelas ilmu didapatkan dari penjelasan dan informasi yang diberikan gurunya dalam hal konteks materi, konten dan model pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mencari keterkaitan antara keyakinan guru SD tentang matematika yang memengaruhi pandangan siswa terhadap matematika. Penelitian ini berjenis kualitatif transformatif yang menggunakan metode writing as inquiry, writing critical auto  ethnography, observasi, dan wawancara semi terstruktur. Peneliti juga menggunakan postmodern interview untuk mengetahui pandangan siswa, guru berprestasi terhadap pembentukan keyakinan guru dan siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil wawancara semi terstruktur dan observasi pengamatan kegiatan pembelajaran matematika terdapat keterhubungan antara keyakinan guru SD tentang matematika yang memengaruhi pandangan siswa. Hal ini di sebabkan oleh pengaruh pola pengajaran yang diberikan oleh guru yang membentuk karakteristik siswa dalam belajar dan berkembang dengan bertambahnya pengalaman yang dimiliki.

A teacher is an individual who can influence the way his students perceive. A student believes that what his teacher explains is the truth. In learning activities in the classroom, knowledge is obtained from the explanation and information provided by the teacher in terms of the context of the material, content and learning model. Therefore, the purpose of this study is to find a relationship between elementary teachers' beliefs about mathematics that affect students' views on mathematics. This research is a transformative qualitative type that uses writing as inquiry methods, critical auto writing (ethnography, observation, and semi-structured interviews. Researchers also used postmodern interviews to find out the views of students, outstanding teachers on the formation of teacher and student confidence in mathematics learning. The results of semi-structured interviews and observations of observations of mathematics learning activities there is a relationship between elementary teachers' beliefs about mathematics that affect students' views. This is due to the influence of teaching patterns provided by teachers who shape student characteristics in learning and developing with the increase in experience they have.

Published
2023-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 91