PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR TERHADAP PROSES PERIBADATAN DI PURA SRI AJI JOYOBOYO PAPAR KEDIRI
Abstract
Matematika berbasis budaya merupakan sebuah inovasi dalam bidang pendidikan. Matematika itu sendiri sering dikaitkan dengan budaya sehingga terintegrasi dalam semua aspek yang ada dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar terhadap proses peribadatan di Pura Sri Aji Joyoboyo Papar Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis peserta didik ditunjukkan diantaranya dengan peserta didik dapat menyebutkan serta menjelaskan konsep matematika yang ada dalam proses peribadatan di Pura. Peserta didik menyebutkan bentuk bangun datar, bangun ruang, sudut, refleksi, translasi dari benda yang diamati serta mengaplikasikan perbandingan dalam pelaksanaan proses peribadatan.