PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Eka Nur Safitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pelajaran Matematika memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Faktanya, banyak peserta didik merasa kesulitan ketika menyelesaikan soal cerita. Hal tersebut
disebabkan karena rendahnya kemampuan berfikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah LKPD untuk membantu peserta didik dalam
memecahkan soal cerita. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Pojokkulon Kabupaten jombang, dengan kelas V sebagai subjek penelitiannya.
Penelitian ini mendapatkan hasil validasi materi sebesar 80%, validasi media sebesar 72%, respon
pendidik 100%, respon peserta didik 93,3%, serta hasil ketuntasan belajar sebesar 82,4%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem solving layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Problem Solving, Soal Cerita


Abstract
Mathematics lessons have a goal to improve students' critical thinking skills. In fact, many students
find it difficult when solving story problems. This is due to the low critical thinking skills possessed by
students. The purpose of this research is to develop a LKPD to help students solve word problems.
This study uses the ADDIE development model. This research was conducted at Pojokkulon
Elementary School, Jombang Regency, with class V as the research subject. This study obtained 80%
material validation results, 72% media validation, 100% educator response, 93.3% student response,
and 82.4% mastery learning results. So it can be concluded that LKPD based on problem solving is
feasible to use.
Keywords: Development, LKPD, Problem Solving, Story Problems

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 68