IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS PESERTA DIDIK SD DENGAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis peserta didik dengan tingkat kemampuan matematika tinggi melalui pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan tingkat kemampuan matematika tinggi memiliki tingkat kemampuan spasial matematis yang tinggi atau sudah mencapai tahap deduksi informal. Peserta didik pada kategori ini mampu mengidentifikasi bentuk bangun datar yang dilihat dari posisi spasial tertentu, mampu mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat pada bangun datar tertentu, dan mampu menghubungkan antara bangun datar yang satu dengan yang lain.
Kata Kunci: kemampuan spasial, kemampuan matematika, pembelajaran matematika.
Downloads

