Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Card Materi Oran Pencernaan Manusia dan Fungsinya untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Card Materi Oran Pencernaan Manusia dan Fungsinya untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

  • Devy Ayu Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran Pop Up Card materi organ pencernaan manusia dan fungsinya untuk kelas V sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Penelitian ini melibatkan seorang ahli media, seorang ahli materi, 17 peserta didik kelas VA SDN 216 Gresik dan seluruh peserta didik kelas VB SDN 216 Gresik  sebagai subjek penelitian. Dari data yang telah dikumpulkan oleh peneliti diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa media Pop Up Card  yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan dengan presentase hasil penilaian dari ahli materi sebesar 80% sehingga masuk dalam kategori valid dan presentase hasil penilaian dari ahli media sebesar 94% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat valid. Media ini juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil pengisian angket respon guru yang mendapatkan presentase sebesar 98% dan presentase sebesar 97,8% dari hasil pengisian angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil serta presentase sebesar 96,7% dari hasil pengisian angket respon peserta didik pada uji coba skala besar. Hasil perbandingan nilai pre test dan post test menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat dikatakan efektif dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang karena termasuk ke dalam rentang 0,30 < g < 0,70. Dari perolehan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media media pembelajaran Pop Up Card yang dikembangkan oleh peneliti layak, sangat praktis, dan efektif ketika diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi organ pencernaan manusia dan fungsinya untuk kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, ADDIE, Pop Up Card, organ pencernaan manusia

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 49