Pengembangan Media Pembelajaran KALASYS (Kartu Solar System) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran KALASYS (Kartu Solar System) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

  • Septya Rama Putri Kinaningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan media KALASYS (Kartu Solar System) bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 sekolah dasar. Peneliti mempergunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) ADDIE yang memiliki 5 tahapan. Jumlah subjek uji coba skala kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba skala besar 20 siswa kelas 6 SDN Plumpang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang dipergunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar angket respon siswa dan guru, serta lembar pretest posttest. Media dikategorikan sangat valid diperoleh melalui hasil uji validasi oleh ahli media sebesar 92,7% dan uji validasi oleh ahli materi sebesar 82%. Media dikategorikan sangat efektif diperoleh dari hasil pretest posttest siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85% dan N-Gain sebesar 0,44 yang berarti terjadi peningkatan sedang. Media dikategorikan sangat praktis diperoleh dari hasil angket respon siswa saat uji coba skala kecil dengan persentase 92% dan uji coba skala besar 94%, sedangkan hasil angket respon guru baik uji coba skala kecil maupun besar dengan kategori praktis 80%. Dengan demikian, disimpulkan media KALASYS (Kartu Solar System) memiliki nilai kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi tata surya kelas 6 sekolah dasar.

 

Kata Kunci: media, kalasys, hasil belajar, solar system

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 54