PENGEMBANGAN WACHABOT (WHATSAPP CHATBOT) SEBAGAI ASISTEN BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG KELAS V SD

  • Ahmad Zadid Taqwa unesa

Abstract

Abstrak

                Penelitian ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi IPS tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Pada pembelajaran IPS materi sejarah tersebut peneliti menghadirkan sebuah media yaitu Wachabot sebagai opsi baru. Dengan adanya media ini, siswa dapat memahami lebih dalam tentang pembelajaran IPS materi sejarah tersebut. Aplikasi ini memberikan fasilitas untuk belajar pada materi sejarah tersebut yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu dan digunakan secara gratis. Media Wachabot adalah jawaban dan solusi yang kuat untuk masalah yang sering dihadapi siswa. Wachabot dikembangkan menggunakan pengembangan R&D dengan memakai metode ADDIE serta memperhatikan kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan, dan Validasi media dinyatakan hasil yang “Sangat Valid” untuk digunakan dengan mendapat persentase nilai sebesar 90%. Sementara itu, validasi materi dinyatakan hasil yang “Sangat Valid” untuk digunakan dengan memperoleh persentase nilai sebesar 90%. Hasil keefektifan Wachabot diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas V SDN Kedung Cowek I/253. Siswa yang mengikuti pretest mendapatkan nilai rata-rata 35, sedangkan untuk posttest mendapatkan nilai rata-rata 90. Media Wachabot dinyatakan “Sangat Efektif” karena peningkatan hasil belajar yang dialami siswa sebesar 97% dan memenuhi kriteria hasil tes yang sangat baik. sedangkan untuk hasil kepraktisan memperoleh persentase nilai sebesar 90% nilai tersebut didapat dari kuesioner media yang dibagikan peneliti mengenai kepraktisan penggunaan Wachabot. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa media Wachabot yang diintegrasikan dengan WhatsApp “Sangat Praktis” digunakan serta dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Wachabot, Perjuangan Melawan Penjajah Belanda dan Jepang           

Abstract

                This research is intended to facilitate students in learning social studies material about the history of the struggle against Dutch and Japanese colonialism. In social studies learning historical material, the researcher presents a medium, namely Wachabot as a new option. With this media, students can understand more deeply about social studies learning historical material. This application provides facilities for studying historical material that is not limited by space, time and is used free of charge. Media Wachabot is a powerful answer and solution to problems students often face. Wachabot was developed using R&D development using the ADDIE method and paying attention to validity, practicality, and effectiveness, and media validation was declared "Very Valid" for use by obtaining a percentage value of 90%. Meanwhile, the validation of the material is stated as "Very Valid" results to be used by obtaining a percentage value of 90%. The results of the effectiveness of Wachabot were obtained from the results of the pretest and posttest given to fifth grade students at SDN Kedung Cowek I/253. Students who took the pretest got an average score of 35, while for the posttest got an average score of 90. Wachabot media was declared "Very Effective" because the increase in student learning outcomes experienced by 97% and met the criteria for very good test results. while for the practicality results, obtaining a percentage value of 90% of the value was obtained from a media questionnaire distributed by researchers regarding the practicality of using Wachabot. Therefore, it can be concluded that Wachabot media which is integrated with WhatsApp "Very Practical" is used and utilized as a learning medium.

 

Keywords: Development, Wachabot, Struggle Against Colonizers Netherlands and Japan

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 52