PENGEMBANGAN APLIKASI “MAPS OF TIKA” BERBASIS SMARTPHONE ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Khansa Iftina Balqis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini mengembangkan media interaktif bertujuan untuk: (1) Memberikan pengalaman lebih bermakna dalam proses pembelajaran melalui aplikasi “Maps of Tika” berbasis smartphone Android (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif “Maps of Tika” berbasis smartphone Android dalam pembelajaran pecahan kelas V SD. Penelitian menggunakan model pengembangan ASSURE untuk mendapatkan hasil mendetail dalam proses pengembangan media. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil dari validator ahli materi dengan persentase 85% (sangat valid), dan dari validator ahli media dengan persentase 89% (sangat valid). Kepraktisan pengguna media dalam proses pembelajaran dari respon peserta didik dengan persentase 94,6% (sangat praktis) sedangkan dari respon pendidik dengan persentase 97,7% (sangat praktis). Keefektifan didapatkan dari hasil pengolahan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui data nilai pretest dan posttest dengan menggunakan analisis N-Gain dengan hasil sebesar 0,76 dan persentase 90% (sangat efektif). Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkam bahwa aplikasi “Maps of Tika” berbasis smartphone Android pada pembelajaran pecahan dapat dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, aplikasi Android, pecahan.

 

  

Abstract

This development research develops interactive media aims to: (1) Provide a more meaningful experience in the learning process through the “Maps of Tika” application based on an Android smartphone (2) Evaluate the feasibility of interactive learning media “Maps of Tika” based on an Android smartphone in learning fractions for class fifth SD. The research uses the ASSURE development model to obtain detailed results in the media development process. From this research, the results were obtained from the material expert validator with a proportion of 85% (very valid), and from the media expert validator with a proportion of 89% (very valid). The practicality of media users in the learning process from the responses of students with a proportion of 94.6% (very practical) while from the response of educators with a proportion of 97.7% (very practical). Effectiveness is obtained from the processing results of increasing student learning outcomes through pretest and posttest value data using N-Gain analysis with a result of 0.76 and a proportion of 90% (very effective). Based on the results of these data, it can be concluded that the Android smartphone-based “Maps of Tika” application for learning fractions can be declared very valid, very practical, and very effective for use in class fifth of Elementary School.

Keywords: development, interactive media, Android application, fractions.

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 34