PENGEMBANGAN MEDIA COUPLE CARD UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI DALAM IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN MEDIA COUPLE CARD UNTUK MEMPERBAIKI MISKONSEPSI DALAM IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • NANDA NASRUL MUBAROK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Miskonsepsi dalam IPA seringkali menjadi hambatan bagi peserta didik dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan di sekolah dasar. Maka diperlukan media yang digunakan untuk memperbaiki miskonsepsi yakni media Couple Card. Media Couple Card ini terdiri dari kartu-kartu dengan ilustrasi konsep IPA yang berpasangan dan peserta didik diharapkan dapat memahami konsep yang benar untuk memperbaiki miskonsepsi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Couple Card. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan tahap tersebut diperoleh data kevalidan media yakni 100% yang berarti sangat valid, data kevalidan materi yakni 91,67% yang berarti sangat valid, data kepraktisan media yakni 92,87% yang berarti sangat praktis, data keefektifan media yakni 85% yang berarti sangat efektif, hasil persentase miskonsepsi soal pre-test peserta didik menunjukkan 73% sudah memahami konsep, 26,5% peserta didik mengalami miskonsepsi, dan 0,5% tidak tahu konsep. Sedangkan pada soal post-test 85% sudah memahami konsep dan 15% mengalami miskonsepsi yang berarti miskonsepsi peserta didik sudah mengalami penurunan. Selain itu, pada kategori analisis N-Gain diperoleh rata-rata 0,395 dan rata-rata keterangan peningkatan nilai sedang. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media Couple Card memiliki nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi sehingga layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar serta memperbaiki miskonsepsi materi gaya dan gerak.

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 62