PENGARUH MEDIA E-LEARNING ZENIUS DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD

PENGARUH MEDIA E-LEARNING ZENIUS DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD

  • Maharani Nurlaily Singgih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran sekolah dasar pada umumnya memiliki hambatan pada pemahaman materi dalam proses pengajaran berlangsung. Penyebab dari masalah ini bisa dikarenakan media yang masih kurang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar melalui penerapan media e-learning dengan model problem solving dalam materi siklus air. Metode penelitian menggunakan true experimental design dengan bentuk pretest-postest control group. Analisis data menggunakan uji validitas uji reliabilitas, uji T dan uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil analisis Uji- T menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) nilai 0.000 < 0.05, berarti adanya pengaruh dari media dan model ajar. Dengan nilai N-gain skor 0.60 berartikan media dan model yang digunakan memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh media e-learning zenius dengan model problem solving terjadi pada sintak satu dan dua yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik khususnya pada pembelajaran IPA.

Kata Kunci: media e-learning zenius, model problem solving, hasil belajar

Published
2023-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 68