Pengembangan Media QR-Card Materi Sistem Pencernaan Untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Meiga Lutvi Kartika Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Pada penelitian pengemabangan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada SDN Sogo 02. Permasalahan yang ada berupa kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran yang bernama QR-Card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, menguji kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media QR-Card. Penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE. Hasil dari pengembangan media QR-Card diuji kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Hasil validasi berdasarkan lembar validasi media dan materi dapat dikatakan valid. Evektifitas media dari hasil pengerjaan pretest dan postest mendapatkan hasil tinggi dengan skor 0,71. Respon siswa dan guru terhadap media sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran karena memudahkan siswa memahami materi. Sehingga, media QR-Card valid, efektiv, dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sistem pencernaan sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, QR-Card, Sistem Pencernaan.

  

Abstract

In this developmental research carried out based on the problems found at SDN Sogo 02. The problems that exist are the lack of use of instructional media that is less than optimal. This research will develop a learning media called QR-Card. The purpose of this study is to describe the development process, test the validity, effectiveness and practicality of QR-Card media. Research development using the ADDIE method. The results of the development of QR-Card media were tested for validity, effectiveness and practicality. Validation results based on media and material validation sheets can be said to be valid. The effectiveness of the media from the results of the pretest and posttest got high results with a score of 0.71. Student and teacher responses to media are very appropriate for use in learning because it makes it easier for students to understand the material. Thus, the QR-Card media is valid, effective, and appropriate for use in learning the digestive system in elementary schools.

Keywords: Learning Media, QR-Card, Digestive System.

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 73