Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Arif Budi Astomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh menggunakan metodologi pembelajaran kooperatif Talking Stick dengan siswa kelas V di SD Negeri Milangasri 1 Magetan untuk mempelajari pengetahuan siswa tentang bahasa Indonesia dalam materi teks non-fiksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan rancangan desain non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekelompok siswa kelas VA SDN Milangasri 1 yang berjumlah 24 siswa, dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa pretest dan posttest Teknik analisis data instrumen tes berupa pretest dan posttest digunakan uji validitas, uji reliabilitas,. Sedagkan analisis hasil data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji Independent sample t – test, dan uji N-Gain ternormalisasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,324 yang berarti Ho ditolak, sedangkan kategori nilai N- Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol dengan hasil sebesar 0,54 pada kategori rendah sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,60 pada kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain pada kelas kontrol atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Talking Stick, Kemampuan Membaca Pemahaman

 

Abstract

he purpose of this study was to find out whether there is an effect of using the Talking Stick cooperative learning methodology with fifth grade students at SD Negeri Milangasri 1 Magetan to learn the students' knowledge of the Indonesian language in non-fiction text material.The method used in this study was a quantitative experiment with a non-equivalent control group design. The sample used in this study was a group of VA class students at SDN Milangasri 1, totaling 24 students, and the data collection method used in this study was a test technique in the form of pretest and posttest.Data analysis techniques for test instruments in the form of pretest and posttest were used to test the validity, reliability test. As for the analysis of the results of the data used, namely the normality test, the Independent sample t-test, and the normalized N-Gain test. The results of the hypothesis test show the value of Sig. <0.05, namely 0.324, which means that Ho is rejected, while the N-Gain value category for the control class and the experimental class obtained an average N-Gain value for the control class with a result of 0.54 in the low category while in the experimental class an average N -Gain of 0.60 in the medium category. So it can be concluded that the average value of N-Gain in the experimental class is higher than the N-Gain in the control class or there is an effect of using the Talking Stick type cooperative learning model on the reading comprehension ability of fifth grade students.

Keywords:  Learning Model, Cooperative type Talking Stick, reading comprehension ability

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 113