Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 MI AL-Hidayat Indrodelik

  • Novita Rahmah Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui project based learning pada kelas 5 sekolah dasar.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan one group pre test post tes design. Hasil dari peenelitian ini adalah peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika PJBL hal ini dibuktikan hasil analisis observasi aktivitas peserta didik yang mendapatkan nilai sebesar 100% peserta didik aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Respon peserta didik menunjukkan bahwa sebesar 99,67% memperoleh respon positif pada setiap indikator yang diajukan dari angket respon peserta didik. Uji normalitas pada penelitian menunjukkan data terdistribusi normal dengan nilai Sig > 0.05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata pre test sebesar 67.95 Sedangkan rata-rata post test sebesar 87,20 dengan N-Gain sebesar 0,592 yang berada pada kategori sedang. Ketuntasan klasikal yang telah dicapai yaitu 95%  lebih besar dari pada keiteria minimal yang diperoleh yaitu 85% peserta didik tuntas memenuhi KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika project based learning efektif digunakan. Dikarenakan penelitian ini hanya menggunakan validasi materi, maka bagi peneliti selanjutnya perlu dilakukan validasi kurikulum terkait rancangan pembelajaran yang disusun untuk mengetahui ketepatan dari model pembelajaran yang didesain.

 

 

This study aims to determine the effectiveness of learning mathematics through project based learning in grade 5 elementary schools. The type of research used is quantitative research with one group pre test post test design. The result of this research is that students are active in participating in the PJBL mathematics learning process. This is evidenced by the results of the analysis of student activity observations who get a score of 100% of students who are active and involved in learning. Student responses showed that 99.67% obtained positive responses to each of the indicators proposed from the student response questionnaire. The normality test in the study showed that the data were normally distributed with a Sig value > 0.05. So that H0 is rejected and H1 is accepted. The pre-test average was 67.95 while the post-test average was 87.20 with an N-Gain of 0.592 which is in the medium category. So it can be concluded that project based learning mathematics learning is effectively used. Because this research only uses material validation, it is necessary for further researchers to validate the curriculum related to the learning design that is structured to determine the accuracy of the learning model that is designed.

Published
2023-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 100